Posisi Duduk Yang Benar Ketika Menghafal Al Quran

Assalamu’alaikum….

POSISI DUDUK YG BENAR TATKALA MENGHAPAL ALQURAN

Beberapa waktu lalu sy sakit dan menurut pak dok terlalu banyak duduk. Memangnya “duduk” itu salah??? Kan smua orang melakukannya. Gak bs dong kita hidup tanpa duduk. Trus kalo duduk disoal oleh pak dok memangnya ada apa dengan mu (duduk)? Ehh ternyata kebiasaan duduk dengan cara membungkuk waktu kita baca alquran atau waktu menghapalx dalam waktu yg relatif lama dan berulang ulang terus berdapak tdk baik pada bagian organ yang lainnya.

Menurut the Diabetes Group at the University of Leicester, terkuak fakta bahwa seseorang yang banyak menghabiskan waktunya dengan duduk yang terlalu lama akan memiliki resiko besar terserang penyakit diabetes, jantung dan memperpendek usia.
Haaaa…. Memperpendek usia ???? gak mau ahh. Hayoo siapa yg mau sahabat? Pasti kan gk ada yang mau to.la wong Sego pecel isih enak kok.

Lebih detailnya lagi akibat duduk yg trlalu lama apalagi cara dudukx salah sbb :

Kepala
Duduk terlalu lama bisa menyebabkan gumpalan darah di kepala. Hal ini disebabkan oleh darah yang tidak lancar beredar pada tubuh sehingga menggumpal di sana. Bahaya yang mengintai adalah penyakit stroke.

Leher
Cairan yang tertahan di bagian persendian dan kaki, bisa naik ke bagian leher pada waktu malam. Hal ini menyebabkan sleep apnea atau berhenti nafas saat tidur.

Paru-paru
Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit gagal jantung, berhati-hatilah. Duduk terlalu lama bisa menyebabkan cairan masuk ke paru-paru Anda.

Jantung
Penyakit jantung seringkali disebabkan oleh gaya hidup. Namun bagi mereka yang mengalami gagal jantung dan sleep apnea, cairan akan menumpuk di bagian leher dan paru-paru sedikit demi sedikit.

Perut
Meski nampaknya hanya menyakiti bagian punggung bawah, namun duduk terlalu lama bisa membawa Anda pada resiko sakit kanker kolon dan obesitas. Hal ini karena banyak metabolisme tubuh seperti pengolahan glukosa dan lipid terganggu.

Paha
Saat kita duduk, paha tertahan oleh kursi. Cairan yang ada pada tubuh akan menumpuk di sana, menyebabkan banyak masalah seperti di atas.

Trus hubungan postingan diatas dengan menghapal A-Quran itu apa? E eh Tanya mulu dengarkan dulu to….
Realita sekarang; kita kalo nderes ataupun menghapal alquran lebih banyak dlm posisi dudukkan. Menurut pikiran kita “Semakin kita berduduk duduk lama maka semakin banyak hapalan yg akan kita dapat”. Karena selalu dikejar kejar target dan setoran maka dlm usaha memenuhi itu smua kadangkala lupa sembarang kalir. Baik waktu, tugas, kesehatan dan sampe2 perutnya sendiripun gk terasa kaliren. Lom makan mulai pagi samapi siang. La ini biangnya. TIDAK BERARTI DUDUK-DUDUK BERLAMA LAMA ITU DILARANG. Tapi harus juga memeperhatikan aspek- aspek yg lainya

Akhirnya pak dok memberi obat kpd sy.(eh hy bbrp butir sj)dan member i advisx : kalo duduk dalam jangka wkt lama jangan terus-terusan dalam posisi membungkuk terus. Kadang prl juga mbungkuk, kadang tegak. Kalo sdh capek bisa keluar sebentar utk menghirup udara segar kalo sdh agak nyaman bisa disambung lagi. Dan betul bbrp hari mengikuti saran pak dok Alhamdulillah perut sebelah kiri yg selama ini selalu perih tanpa sbb yg jelas sudah menjadi nyaman dan lega. Untung hanya gangguan perut saja dan bisa diatasi. Bayangkan sj kalo gangguanya pada bagian kepala. Wah bisa2 kena stoke. Na’udzubillah

Mungkin ada sahabat yg mau nambahi tips2 terkait dg satu harapan kita yaitu : kita bisa berduduk-duduk lama dlm menghapal tapi kita aman dari ancaman – ancaman tsb. . Ataupun pernah mengalami gangguan2 diatas sekaligus pemecahannya. Matur suwun. Semoga bs diambil Manfaatnya.
Berbagai sumber

oleh : Jaenud Jay
Jay Rakyat jelata PITQ
https://www.facebook.com/groups/709798949038747/permalink/771373499547958/

mengapa perut sakit saat menghafal

One Response

  1. aina qotila November 1, 2014

Leave a Reply