Metode Menghafal Qur’an Ath-Thibaq – Cepat, Lancar, dan Mudah

metode-menghafal-quran-ath-thibaq-cepat-lancar-dan-mudah

Metode Menghafal Qur’an Ath-Thibaq, pustakatahfidz.com – Dalam menghafal Al-Qur’an anda bisa menggunakan berbagai macam metode, tergantung anda sendiri, namun tahukah anda ada salah salah satu metode atau cara menghafal yangMudah, Cepat, dan Berkualitas. 

Postingan kali ini adalah edisi revisi untuk postingan Tips menghafal Al-Qur’an – Sebulan 2 – 3 juz sambil sekolah pun bisa Yang mana postingan tersebut merupakan posting yang paling banyak dikunjungi hingga postingan ini dibuat.

Metode ini sudah saya coba untuk menyelesaikan beberapa juz hafalan saya, dan terbukti dalam 40 hari saya bisa mendapatkan 4 juz beserta lancarnya 😀 .Dari pengalaman saya inilah saya terdorong untuk sharing metode tersebut agar kaum muslimin dan muslimat khususnya kawan-kawan saya mudah untuk menghafal Al-Qur’an, berikut langkah-langkahnya :

  • Sebelum anda memulai menghafal Al-Qur’an anda wajib menyempurnakan bacaan anda agar sesuai dengan kaidah tajwid yang berlaku, ada baiknya anda berguru kepada Ustadz yang berkompeten di bidang tersebut.
  • Jika bacaan anda sudah bagus ada baiknya anda menentukan target hafalan perbulan terlebih dahulu, misalnya 2 juz perbulan atau 1 juz, untuk permulaan saya sarankan jangan terlalu banyak.
  • Sekarang anda masuk tingkatan persiapan menghafal. Caranya adalah dengan membaca dengan melihat mushaf target hafalan bulan yang akan datang sebanyak satu kali sehari.Misalnya target bulan depan juz 1&2, maka bulan ini anda harus membaca juz tersebut satu kali sehari.
  • Pada bulan berikutnya anda mulai menghafal juz yang sudah ditargetkan sembari membaca sekali sehari target hafalan bulan depan dengan melihat mushaf. Misalnya target bulan ini juz 1&2 dan bulan depan juz 3&4, maka anda mulai menghafal juz 1&2 dengan meluangkan waktu untuk membaca juz 3&4 sekali sehari.
  • Apa yang sudah anda hafal harus diulang minimal sekali sehari, misalnya anda telah menghafal 6 lembar jadi anda harus mengulang 6 lembar minimal sekali dan begitu seterusnya sampai satu juz.
  • Jika anda telah menghafal satu juz, stop dahulu untuk menguatkan yang telah dihafal tersebut dengan mengulang sebanyak 5-10 kali, lalu melanjutkan menghafal. Misalnya target bulan ini juz 1&2, maka setelah selesai juz 1 anda harus mengulangnya sebanyak 5-10 kali lalu melanjutkan menghafal.
  • Jika target anda sudah tercapai sedangkan belum sampai sebulan(InsyaAllah akan begini) maka tugas anda adalah mengulang semua yang sudah dihafal agar hafalan anda benar-benar lancar. Misalnya target anda sebulan 2 juz dan ternyata dalam 20 hari sudah selesai maka sisa waktu 10 hari untuk mengulang saja sambil mengunggu bulan berikutnya.

Dengan metode ini anda bisa menghafal dengan cepat, kualitasnya bagus, serta kuantitas yang besar.

Note :

  • Semasa menghafal Al-Qur’an jangan lupa berdoa minta kemudahan dan keberkahan, karena orang yg menghafal Al-Qur’an tanpa berdoa akan menumbuhkan sifat sombong di hatinya
  • Jika anda membaca suatu ayat dan sudah sampai di ujungnya maka biasakan mata anda sudah melihat awal ayat selanjutnya sebelum selesai ayat tersebut.
  • Jika suatu ketika anda merasa malas untuk membaca atau menghafal, maka segera perbanyak istigfar, baca hadits hadits tentang fadhilah membaca dan menghafal Qur’an, dan ingatlah hal-hal yang anda akan dapatkan jika sudah hafal 30 juz.
  • Jika ada pertanyaan silahkan hubungi saya melalui FB :  Mahmudi Hafizhahullah Atau di 085821064272
 sumber : http://www.muzakarahan.com/2016/09/metode-menghafal-quran-ath-thibaq-cepat.html

Leave a Reply