Mau Menghafal Al-Qur’an Sambil Sekolah/Kuliah? Ini Tipsnya

mau-menghafal-al-quran-sambil-sekolah-ini-tipsnya

Menghafal Al-Qur’an Sambil Sekolah, pustakatahfidz.com – Dalam menghafal Al-Qur’an tentu kita akan menemui berbagai macam rintangan kadang-kadang malas, mungkin bisa juga sulit menghafal ayat-ayat tertentu, jenuh, dan berbagai permasalahan lainnya.

Pada dasarnya menghafal qur’an itu mudah sebagaimana firman Allah :

وَلَقَدْ يَسَّرْنَا الْقُرْءَانَ لِلذِّكْرِ فَهَلْ مِنْ مُدَّكِرٍ
“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al-Qur’an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran” (QS. 54:17, 22, 32, 40)

Disisi lain hafal Al-Qur’an adalah suatu kedudukan yang tinggi segaimana yang dijelaskan dalam hadits-hadits Rasulullah SAW, dan kedudukan yang tinggi tentu harus dicapai dengan penuh perjuangan, kemudahan akan kita dapatkan manakala kita bisa tabah dan ikhlas dalam perjuangan persebut, karena tidak ada yang sulit jika kita senantiasa tabah dan iklas.

cara menghafal al quran dgn cepat – cara mudah menghafal al quran – tips menghafal qur’an

Kali ini saya mau sharing tips menghafal Al-Qur’an yang menurut saya yang penuh kekhilafan ini adalah metode termudah dan tercepat untuk menghafal Al-Qur’an, dengan metode ini kita bisa menghafal 2-3 juz perbulan yang bisa kita terapkan sambil sekolah bahkan lebih dari itu jika anda berada di pondok Tahfizhul Qur’an, dan jika anda adalah pekerja kantor, ibu rumah tangga mungkin anda bisa menghafalkan setengah sampai 1 juz perbulannya.

Berikut Tipsnya :
1. Sebelum kita menghafalkan juz yang ingin kita hafal kita harus membaca juz tersebut 1 kali sehari dalam kurun waktu 1 bulan. 
Misalnya kita ingin menghafalkan juz 1 dan 2 pada bulan september, maka pada bulan agustus(1 bulan    sebelumnya) kita harus membaca juz 1 dan 2 tersebut satu kali setiap harinya.

ini adalah kunci kemudahan menghafal, karena otak manusia senantiasa mengingat seseuatu yang kita lakukan secara berulang-ulang.

2. Setelah langkah satu selesai maka kita mulai menghafalkan juz yang kita baca di bulan sebelumnya sambil membaca juz yang ingin kita hafalkan pada bulan selanjutnya.

Pada bulan ini anda mulai menghafal, anda bisa merasakan sendiri betapa mudahnya menghafalkan ayat-ayat yang sudah sering kita baca.

3. Langkah ini dilakukan terus menerus di iringi takrir/mengulang juz yang telah dihafal.

Dengan cara-cara ini anda bisa menghafal 2-3 juz dengan mudah walaupun anda masih sekolah, ataupun anda sekarang adalah mahasiswa.

Menurut saya cara-cara inilah yang paling cepat, mudah, dan kuat ingatnya. karena saat kita menghafal kita sudah akrab dengan ayat yang ingin kita hafal tersebut sehingga mudah sekali menghafalkannya.

saya berharap  para pembaca bisa menambahkan atau memberikan kritik dan saran kepada saya melalui komentar.

Semoga bermanfaat..

sumber : http://www.muzakarahan.com/2016/07/tips-menghafal-al-quran-sebulan-2-3-juz.html

kuliah sambil khatam al quran

Comments (2)

  1. mujtahidah July 2, 2017
  2. mujtahidah July 2, 2017

Leave a Reply