Manfaat-Manfaat Menghafal Al-Qur’an

Manfaat-manfaat Menghafal Al-Qur’an

Oleh : Abduldaem Al-Kaheel

Berbagai kajian kontemporer membuktikan bahwa hafalan Al-Qur’an dapat menjaga seseorang dari berbagai penyakit,meningkatkan dayatahan tubuh, serta meningkatkan kreatifitas dan relaksasi.

Amal terbaik yang bisa dikerjakan seseorang adalah membaca Al-Qur’an,mengamalkan kandungannya,menerapkan perintahAllah, dan menjauhi larangan Allah.

Ketika kita membaca sebuah buku tentang Neuro Linguistic Programming, atau tentang seni manajemen waktu, atau seni bergaul, maka penulisnya akan mengatakan:”membaca buku ini dapat mengubah hidup Anda”. Artinya, kitab apapun yang dibaca seseorang itu akan memengaruhi perilaku dan kepribadiannya, karena kepribadian merupakan hasil dari wawasan dan pengalaman, serta apa yang dibaca,dilihat dan didengarnya.

Sudah barang tentubuku-buku karangan manusia ini pengaruhnya terbatas. Tetapi, ketika berbicara tentang Kitab Allah yang menciptakan manusia, dimana Dia lebih mengetahui apa yang ada dalam diri manusia dan apa yang menjadikannya lebih baik, maka sudah barang tentu kita menemukan dalam kitab ini informasi-informasi yang dibutuhkan manusia dalam kehidupannya didunia dan akhirat.Karena Al-Qur’anadalah cahaya, obat dan petunjuk.Di dalamnya kita temukan masa lalu dan masa mendatang.

Allah berfirman,“Yang tidak datang kepadanya (AlQur’an) kebatilan baik dari depan maupun dari belakangnya, yang diturunkan dari Tuhan Yang Maha Bijaksana lagi MahaTerpuji.”(QSFushshilat [41]: 42).Setiap ayat yang kita baca, direnungka ndan dihafal dapat menciptakan perubahan dalam hidup kita! Bagaimana dengan orang yang membaca dan menghafal seluruh Al-Qur’an? Tidak diragukan bahwa bacaan Al-Qur’an, perenungan, dan penyimakan dengan khusyuk itu dapat merekonstruksi kepribadian seseorang, karena Al-Qur’an mengandung berbagai prinsip dandasar-dasar yang solid bagi caracter building.

Kesimpulannya, berpegang teguh padaAl-Qur’an dan menjaga tilawahnya itu dapat berpengaruh positif terhadap kepribadian seseorang,meningkatkan sistem kekebalan dalam dirinya, melindunginya dari berbagai penyakit psikologis, membantunya untuk sukses dan mengambil keputusan-keputusan yang sulit. Jadi,Al-Qur’an adalah jalan kita untuk menjadi kreatif, memimpin, bahagia dan sukses.

https://www.facebook.com/groups/1407228059500780/permalink/1428496597373926/

manfaat menghafal al quran, manfaat menghafal alquran, manfaat menghafal quran, manfaat hafal quran, manfaat menghafal al-quran, manfaat menghapal alquran, manfaat menghafal

Leave a Reply