Bagaimana Hukum Menghafal Al-Quran Sendiri (Otodidak) Karena Belum Menemukan Guru?

PERTANYAAN:

Bagaimana hukumnya menghafal Alquran yang awalnya otodidak (belajar sendiri) kemudian ntar kalau sudah dapat banyak baru muhafadoh dg seorang guru???

JAWABAN:

NingMaz Karomah Imuetss 

Blh ja,yg pnting bacaan x hrs bnr” lncr/panjang prndek bacaan x hrs bnar.lau g bnr,1 ayat ja uda dosa.lbh baik meguru/hrs da gru x. Kita smua x kn hrs meguru/hrs da gru x.atau gni ja,bljr x sma kluarga dlu,hbz tu k gru/ ke kyai/bunyai/ustadz/ustadzah….,,,kita tdk tau bcaan kita bnr pa slh,krna kita bljr sendi,dlm arti g da satu pun mengat kn kita lau da yg slh dlm bcaan kita.

Ibnu Asad 

yg penting tajwid nya udah lumayan gak masalah, orang d pesantren2 tahfidz aja gitu kok santri2 kalo masih awal tajwid nya juga banyak yg nggak pas, yg penting hafalan kita nanti nya d setorkan k guru, yg nggak bener itu orang menghafal otodidak terus merasa sudah benar… 

Asfa Az Zahra 

Itu yg namanya nyelengi dulu.. Malah Bagus.. Ntr tambah lancar..

Isnaini Nur Janah 

Tapi klo bs sekalian kepada gurunya .. Ngendikane pak ustadz didalam diri seorg guru ituu ada nur .. Ada cahaya keberkahan dr kanjeng nabi . guru itu kan punya guru juga, sampai guru2 nya guru sampai ulama’ shabat lalu kanjeng nabi muhammad saw lalu malaikat jibril terakhir allah swt ..
Jadi carilah nur ituu dr seorg guruu .

Chachak’s 

nggak msalah…. itu nmanya nyelengi!! ntar klau sudah siap d setorkan ke guru itu yg PENTING…. biar ada sanad nya😊😊😊 smoga sukses!!!

Isnaini Nur Janah 

Dikhawatirkan ada yg salah dlm pembacaan, ibarat . nag wes kadong nyenthel kuwi angel dandanane .. Ya memang bagus punya celengan hafalan, . tapi jgn sungkan2 bertanya pada yg ahli jika ada keraguan saat menghafal .. Dlm hal tajwid atau lainnya .

Vidyatul Khoiriah 

lebih baik menurut saya ama guru/kiai langsung takutnya sudah hapal banyak ternyata ketika di tes oleh guru ngaji banyak sekali yg salah .. soalnya teman saya ada yg seperti itu , beliau sudh hapal 3 juz saat masuk ngaji bareng saya ketika setoran ngulang” banyak sekali yg salah mulai dri tajwidnya smpai ke makrojul hurufnya ,,lantas guruku kaget …

Yasir Abdun Nasir 

yg jelas lebih baik di gurukan…. kalo pun toh dia menabung hafalan boleh2 saja tapi tetap dalam tahap setoran… karena ketika anda hafal 30 juz tapi yg pernah kamu gurukan cuma bacaan basmallah… nanti cuma itu yg di terima Allah swt…. karena alquran itu berantai sampai Rosulullah saw malaikat jibril A.S dan Allah SWT

Nandar Ramadhan 

sering dengerin murottal yg sudah diakui bacaannya,, sama seperti sy seorang kpala rumah tangga yg bekerja, punya dua anak dan istri, pasti hafalin sendiri..

Ibnu Asad 

sering dengar belum tentu kita bisa dan benar, karena patokan benar nya kita adalah guru/ustadz kita, lha kalo semua orang mengaku bisa dan benar tanpa harus d bimbing guru maka bisa rusak khazanah keilmuan… 

Naga 

bagus itu, biar gak terlalu merepotkan guru.
di pondok tahfidz kami justru persyaratan nya minimal hafal juz amma dulu baru bisa masuk.
biasa nya dikasih waktu 1 sampai 3 minggu. (biar ketahuan punya tekad atau tidak).

Ikut Berdiskusi/Ajukan Pertanyaan:

https://www.facebook.com/groups/709798949038747/permalink/1822988904386407/

menghafal al quran sendiri, hafal alquran otodidak, menghafal al quran se, bolehkah menghafal alquran sendiri, bolehkan menghafal al quran otodidak, menghafal al qura, menghafal quran sendiri, penghapal al quran otodidak, pertanyaan tentang menghafal al quran

Leave a Reply