Apa pentingnya menghafal Al-Qur’an dengan maknanya?



Apa pentingnya menghafal Al-Qur’an dengan maknanya?

oleh : ust pewaris negri

Ada pertanyaan yang masuk ke Inbox beberapa waktu lalu menanyakan apakah perlu menghafal Al-Qur’an dengan artinya, lalu saya menjawab bahwa hal itu sangatlah disarankan mengapa? mari kita bahas.

Pemahaman yang paling menguatkan kecintaan seseorang kepada Al-Qur’an dan menguatkan hatinya menerima setiap pesan-pesan di dalamnya adalah keyakinan bahwa Al-Qur’an adalah kalam Allah. maka wajar bila Ibnu Hanbal rela dirinya disiksa dengan berbagai seiksaan dan deraan yang begitu luar biasa demi mempertahankan pemahamannya ini ketika munculnya fitnah “kemakhlukan Al-Qur’an”.

keyakinan seperti ini akan mengantarkan kita pada baiknya penerimaan pesan-pesan yang ada di dalamnya dan akan terasa sangat kurang dampaknya bila kita tidak terlalu mengerti makna yang terkandung di dalamnya.

Kisah Fudhail bin Iyadh yang dulunya menjadi seorang penjahat jalanan dan akhirnya bertaubat juga menajdi pembelajaran bahwa seorang yang terkadang kita anggap buruk perbuatannya dan kasar akhlaknya bisa begitu mudahnya mendapatkan hidayah ketika dia menyadari bahwa Al-Qur’an adalah kalam Allah.

ketika pamahaman tentang Al-Qur’an sebagai kalam Allah telah terbentuk dengan baik dalam keyakinan kita, maka akan begitu mudah bagi hati ini untuk menerima segala pesan-pesan kebaikan di dalamnya, dan ini membutuhkan bantuan berupa pemahaman makna ayat.

Namun tidaklah mengapa bagi para pemula yang dalam menghafal Al-Qur’an merasa kesulitan bila harus menghafal dengan maknanya, meskipun kebanyakan kondisi mengungkapkan akan lebih mudah menghafal Al-Qur’an bila mengerti maknanya selama yang bersangkutan terus memiliki komitmen untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai ‘sahabat’nya

https://www.facebook.com/pewaris.negri/posts/798332066848547

Leave a Reply